Resep: Kotokan iwak pe yang Sempurna

Posted on

Kotokan iwak pe. Karena bahannya gak ada, Dan musti nitip dulu kalo mau masak nih menu 五 Untung ada ponakan datang dan di beliin tuh ikan. Kotokan Ikan Pe (iwak pe) sangat terkenal di Jawa Timur. Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah.

Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah. Uniknya, kotokan ikan pe biasa diberi tambahan lombok hijau dan tempe. Kuahnya segar, gurih, dan pedasnya pas!

Anda sedang mencari ide resep kotokan iwak pe yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kotokan iwak pe yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Karena bahannya gak ada, Dan musti nitip dulu kalo mau masak nih menu 五 Untung ada ponakan datang dan di beliin tuh ikan. Kotokan Ikan Pe (iwak pe) sangat terkenal di Jawa Timur. Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kotokan iwak pe, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kotokan iwak pe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kotokan iwak pe sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kotokan iwak pe menggunakan 16 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kotokan iwak pe:

  1. Gunakan 1 bh tahu besar potong agak kecil.
  2. Sediakan 3 bh iwak pe cuci bersih.
  3. Ambil 20 bh cabe rawit.
  4. Siapkan 3 bh cabe merah.
  5. Ambil 5 siung bawang merah.
  6. Sediakan 5 siung bawang putih.
  7. Sediakan 6 bh cabe hijau potong kecil.
  8. Siapkan secukupnya ale.
  9. Gunakan 1 bh tomat potong kecil.
  10. Sediakan 1 ruas laos.
  11. Siapkan 2 lmbr dau salam.
  12. Sediakan 600 ml santan kental.
  13. Ambil secukupnya garam.
  14. Ambil 1 sdt gula pasir.
  15. Sediakan minyak untuk menumis.
  16. Gunakan 1 ikat kemangi cuci bersih buang batangnya.

Resep Kotokan Iwak Pe (Ikan Pari masak Santan) kemarin paksu pulang bawa ikan pari asap, katanya mau dimasakin santan. yowes apalah daya ga bisa nolak. yang orang surabaya pasti tau banget masakan ini ya. menu yang berbahaya banget. bahaya bisa ngabisin nasi banyak. Ikan Pe panggang selain digoreng buat penyetan, bisa juga disantan. Orang bilang Kotokan Pe atau sayur kotok Pe. bikinnya gini nih. KOTOKAN PE Ikan Pe Panggang, tahu dan tempe Bumbu iris : Brambang, bawang, lombok besar, lombok kecil,lombok ijo, tomat, ale Lengkuas, daun salam Santan Cara Membuat : Tahu dan Tempe direbus / dikukus Kotokan iwak pe / mangut ikan panggangan.

Cara menyiapkan Kotokan iwak pe:

  1. Goreng setengah matang tahu.
  2. Goreng iwak pe sampai matang.
  3. Haluskan cabe rawit,cabe merah,bawang merah,bawang putih.
  4. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan masukan cabe hijau,tomat dan ale biarkan sampai matang.
  5. Masukan tahu dan iwak pe,garam,gula pasir,salam dan laos.
  6. Masukan santan lalu biarkan sampai mendidih.
  7. Koreksi rasa lalu terakhir masukan daun kemangi lalu angkat.
  8. Kotokan iwak pe siap dinikmati.
  9. Selamat mencoba.

Ini salah satu masakan favorit saya. dari jaman kecil dimasakin ibu sampe masak sendiri. selera ndeso banget Alfiyani Mutazakir. Mangut iwak pe adalah masakan khas Pantura. Paling enak memang di masak mangut pedas gini.karena nanti aroma asapnya akan tercampur di kuah.nah itu yang menciptakan aroma dan rasa yang khas dari mangut.yang. Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kotokan iwak pe yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *