Aneka Resep: Pempek Dos (Tapioka) Anti Gagal

Posted on

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep pempek dos (tapioka) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hadirkan pempek dos (tapioka) untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Banyak orang sudah menyerah duluan pempek dos (tapioka) karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos (tapioka)! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also add yellow noodles for variations. Origin Pempek is the best-known of Palembang's… Resep Pempek Dos (tapioka).

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat memasak pempek dos (tapioka) hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep pempek dos (tapioka)!

Untuk membuat Pempek Dos (Tapioka), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan biang.
  2. Siapkan 250 ml of Air.
  3. Siapkan 1 sdm of udang rebon, rendam haluskan.
  4. Ambil 1 sdt of kaldu bubuk.
  5. Ambil 2 sdt of garam.
  6. Dibutuhkan 125 gr of terigu.
  7. Diperlukan of Bahan lain.
  8. Dibutuhkan 250 gr of tapioka (resep asli 200 gr).
  9. Ambil 2 butir of telur.
  10. Ambil 1 butir of telur untuk isian pempek.
  11. Sediakan of Kuah cuko.
  12. Gunakan 300 ml of Air.
  13. Gunakan 100 gr of Gula Merah.
  14. Diperlukan 1 sdm of Udang Rebon.
  15. Gunakan 3 siung of Bawang Putih.
  16. Siapkan 13 buah of Cabe Rawit (sesuaikan selera aja).
  17. Siapkan 2 sdm of Asam Jawa.
  18. Siapkan 1 sdt of Gula Pasir.
  19. Sediakan 1 sdt of Garam.

Bismillah Dari kemaren pengen banget makan pempek. Berhubung nak bayi lagi alergi ikan laut akhirnya bikin pempek dos resepnya mba Fitri Sasmaya yang tanpa ikan. Setelah maju mundur mau bikin sore tadi karena nak bayi rada rewel, nekat ajalah bikin dengan bahan. Udah lama cookmark resep pempek dos mba @Fitrisasmaya Penasaran pengen bikin, akhirnya kesampaian juga hari ini.

Cara menyiapkan Pempek Dos (Tapioka):

  1. Buat bahan biang dulu. Dalam panci, rebus air bersama udang rebon yang telah dihaluskan, garam, dan kaldu bubuk sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan api, masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga kalis/tidak bergerindil, sisihkan..
  2. Setelah adonan biang hangat, masukkan 2 butir telur, aduk hingga tercampur rata. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga kalis lagi, jika lengket boleh ditambah sedikit terigu..
  3. Cetak adonan sesuai selera. Bentuk lonjong untuk lenjer, untuk kapal selam, ambil adonan, kemudian bentuk bulat buat lubang tengahnya isi dengan telur, usahakan bentuk agak besar yah, sesuaikan dgn besar telur yg akan diisi dan tutup perlahan agar telur tidak keluar..
  4. Didihkan air, rebus pempek yg sudah dicetek hingga mengapung, tiriskan kemudian goreng di minyak panas..
  5. Kuah cuko: haluskan rebon, rawit dan bang putih.Rebus semua bahan untuk kuah cuko, takaran gula pasir bisa disesuaikan dengan selera masing²,didihkan jangan lupa tes rasa kemudian saring..
  6. Penyajian : potong² pempek, siram dengan kuah cukonya, bisa ditambahkan timun, tapi aku gak pake, karna gak ada. Selesai… Ini beneran lembut dan kenyal..

Mungkin terdorong mimpi semalam "mimpiin orang palembang"😁 mungkin kangen ya teman. Pempek Dos Tapioka (Tanpa Ikan) Kepengen makan empek- empek,tapi anak lanang alergi sama ikan laut,cari resep di Cookpad, Alhamdulillah dapat resep nya mba Fitri Sasmaya yang tanpa ikan, Dan langsung di eksekusi,Alhamdulillah dapat resep yang pas,dan berhasil🤭,walaupun tanpa ikan rasanya tetep enak. Coba resep pempek dos ala Mama nya Farah Quinn, modifikasi sedikit karena ternyata menggunakan tapioka adonan nya agak kelembekan. Pempek dos bahan bakunya sama dengan adonan dasar pempek biasa, tetapi TIDAK MENGGUNAKAN IKAN, jadi hanya mengandalkan tepung sagu atau kanji (Tapioka) saja. Tips Membuat Pempek Dos dengan Mudah dan Hasil Empuk.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pempek dos (tapioka) hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *