Resep: Kue Semprit Mawar Jadul Anti Gagal!

Posted on

Kue Semprit Mawar Jadul.

Lagi mencari ide resep kue semprit mawar jadul yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue semprit mawar jadul yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue semprit mawar jadul, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue semprit mawar jadul enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue semprit mawar jadul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kue Semprit Mawar Jadul memakai 6 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Semprit Mawar Jadul:

  1. Ambil 375 g margarin (ana pakai blu*b*nd).
  2. Siapkan 2 gelas gula halus.
  3. Ambil 3 1/2 gelas tepung terigu serbaguna.
  4. Siapkan 1/2 gelas bubuk coklat (ana pakai b*ndsdr*p).
  5. Sediakan 1 butir kuning telur.
  6. Ambil 2 sdm wijen sangrai.

Cara membuat Kue Semprit Mawar Jadul:

  1. Kocok margarin dan gula halus sampe creamy, masukkan kuning telur. Aduk rata..
  2. Campur terigu dan coklat bubuk, masukkan dikit-dikit ke adonan margarin, aduk rata pakai spatula plastik atau spatula kayu..
  3. Adonan udah siap… Panaskan oven suhu sedang, ana pake otang (oven tangkring) jadi apinya medium aja..
  4. Ambil adonan dikit, masukkan ke spuit bintang, semprotkan adonan ke loyang. Loyangnya gak usah disemir margarin ya, supaya kukis cepat matang dan garing tak berminyak..
  5. Beri jarak antar kukis karena lumayan mekar nantinya. Kalau deket-deket ntar nempel satu sama lain kukisnya..
  6. Tempelkan telunjuk ke wijen, tempelkan lagi ke bagian tengah kukis yang udah dispuit ke loyang. Udah keliatan cantik kan?.
  7. Kecilkan api otang, panggang 20 menit atau sampai garing ya. Jangan lupa pake api keciiill…biar gak gosong kayak kukis ana..
  8. Alhamdulillah sudah jadi… Hasilnya lumayan banyak nih, dapet 6 loyang kecil @ 30 pcs, sekitar 180 pcs tapi minus yang gosong beberapa biji, hehe….
  9. Nah ini dia si gelas kopi andalan. Ada yang punya gak ya? Ini banyak banget dijual di pasar tradisional. Ana dapet dulu pas beli kecap ukuran jumbo, jadi gratisan nih..
  10. Note: Ana bikin 2 batch, yang pertama pakai gula halus sesuai resep. Hasilnya, kukis agak rapuh trus lebih "mbleber" pas dipanggang. Yang kedua, karena kehabisan gula halus, ana pakai gula halus 1/2 gelas plus 1 1/2 gelas gula pasir. Hasilnya, kukis lebih crunchy dan padat. Lebih renyah gitu, trus ada sensasi lengket-lengket dikit pas digigit. Efek dari gula pasir yang meleleh mungkin ya. Dan….rasanya lebih enak menurut ana. Hanya saja musti lebih sabar ngocok margarin dan gula pasir di awal, karena nunggu butiran gula supaya hancur dan lebih mudah disemprotin pakai spuit bintang. Ana kurang sabar jadinya butiran gula masih ada yang kasar sebagian, jadi bolak-balik gulanya kesangkut di ujung spuit..

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue semprit mawar jadul yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *