Aneka Resep: Selat Solo a la Dewi Dapur

Posted on

Selat Solo a la Dewi Dapur. Jadi saya bikinnya malam dan in syaa Alloh pagi nya siap di santap. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya.

Kuliner khas Solo bernama Selat ternyata merupakan modifikasi resep masakan Eropa yang dilakukan oleh koki Keraton. Menu masakan "Salad" a la Eropa dibuat dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa sehingga menghadirkan cita rasa berbeda dengan Salad.[Dapatkan penawaran terbaik sewa mobil di Solo di sini!] Di Solo, ada beberapa destinasi tempat kuliner yang menghadirkan Selat Solo sebagai menu… Untuk Selat Solo.aku lebih suka buat sendiri, karena lebih sesuai selera manisnya. Aku beberapa kali beli Selat Solo di warung terkenal di Solo.mblenger saking manisnya.sesendok aja udah nggak mau lagi.

Anda sedang mencari inspirasi resep selat solo a la dewi dapur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal selat solo a la dewi dapur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Jadi saya bikinnya malam dan in syaa Alloh pagi nya siap di santap. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari selat solo a la dewi dapur, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan selat solo a la dewi dapur yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan selat solo a la dewi dapur sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Selat Solo a la Dewi Dapur memakai 39 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Selat Solo a la Dewi Dapur:

  1. Sediakan 250 gram daging has dalam, potong-potong.
  2. Ambil 1/2 bh bawang bombai ukuran sedang, cincang kasar, (tambahan sy).
  3. Sediakan 1 bh bunga lawang / pekak, optional, (tambahan sy).
  4. Siapkan 1 cm kayu manis, optional, (tambahan sy).
  5. Siapkan 120 gram tomat, iris.
  6. Gunakan 1 sdm butter/margarin/minyak goreng, (sy margarin).
  7. Ambil 600 ml air panas.
  8. Gunakan ♦ Bumbu Marinasi :.
  9. Ambil 7 btr bawang merah.
  10. Gunakan 5 siung bawang putih.
  11. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk.
  12. Ambil 1/4 sdt pala bubuk.
  13. Ambil 2 sdm kecap manis.
  14. Gunakan 1 sdt garam, (sy garam himalaya).
  15. Siapkan 1 sdt gula pasir, (sy pemanis tropicana slim).
  16. Sediakan ♦ Telur Pindang :.
  17. Siapkan 4 butir telur ayam rebus.
  18. Siapkan 400 ml air.
  19. Sediakan 5 lembar daun salam.
  20. Gunakan 1 buah teh celup hitam, (sy teh celup sariwangi).
  21. Gunakan 55 gr gula merah, sisir halus.
  22. Siapkan 1 genggam kulit bawang merah, cuci bersih,optional (tambahan sy).
  23. Sediakan ♦ Bumbu Halus :.
  24. Ambil 5 siung bawang merah.
  25. Sediakan 3 siung bawang putih.
  26. Sediakan 1 sdt garam, (sy garam himalaya).
  27. Ambil ♦ Bahan Pelengkap :.
  28. Ambil 200 gram kentang, potong bentuk chateu, rebus lalu goreng.
  29. Ambil 100 gram wortel, potong bentuk jardiniere, rebus.
  30. Sediakan 100 gram buncis, potong ukuran 1jari telunjuk, rebus.
  31. Gunakan 2 bh tomat merah, potong menjadi beberapa bagian.
  32. Ambil 1 sdm mayonnaise, (sy saus mayonnaise **).
  33. Siapkan 1 sdm mustard, (sy skip).
  34. Ambil ♦ Bahan Saus Mayonnaise (**) :.
  35. Gunakan 3 sdm mayonnaise.
  36. Gunakan 1/4 sdt gula pasir, (sy pemanis tropicana slim).
  37. Gunakan 1/4 sdt air jeruk nipis.
  38. Sediakan Seujung sendok merica hitam bubuk, (sy merica bubuk putih).
  39. Sediakan Seujung kuku garam, (sy garam himalaya).

Jadi.pada dasarnya masakan Jawa memang manis.tapi manisnya kudu pasya teman-teman.dan harus tetap masih menyisakan citarasa gurih juga.bukan manis yang kebablasan.hihi. Selayaknya sarapan dan makan siang, makan malam juga menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu. Meskipun Anda sedang menjalani program diet untuk menjaga kestabilan berat badan, makan malam tetap diperlukan karena kebutuhan tubuh akan nutrisi harus tetap terpenuhi. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menu makan malam yang Anda konsumsi tidak menjadi bumerang yang.

Langkah-langkah membuat Selat Solo a la Dewi Dapur:

  1. Potong daging sesuai selera, cuci bersih. Campur dan balurkan daging dengan bumbu marinasi, tutup dengan plastik wrap. Diamkan dikulkas selama 30 menit agar bumbu meresap ke daging..
  2. Dalam panci atau wajan, panaskan sedikit butter/margarin/minyak goreng, tumis bawang bombai hingga layu, masukkan daging, bunga lawang dan kayu manis, tumis hingga daging berubah warna. Tambahkan tomat potong, aduk2 hingga tomat layu, tuang air panas, aduk rata kembali, biarkan mendidih lalu tutup dan masak dengan api kecil hingga daging empuk dan air berkurang (bumbu mulai terlihat). ♦Sisahkan kuahnya👌 untuk disiramkan diatas dagingnya saat penyajian..
  3. Cicipi rasanya jika air hampir surut👌. Kalo saya tambahkan lagi 1-2sdm kecap manis, dan sedikit air hangat, (optional). Matikan kompor. ♦Jika daging belum empuk sementara air sudah surut, tambahkan lagi sedikit air panas, masak hingga empuk..
  4. ♦Pelengkap Sayuran : Potong-potong kentang bentuk chateu, wortel bentuk jardiniere atau sesuai selera. Siangi buncis dan potong 1jari telunjuk. Potong tomat menjadi beberapa bagian. Kemudian didihkan air, beri garam, aduk rata. Masukkan kentang, wortel dan buncis, rebus 3 – 4 menit lalu bilas (blanch) dengan air mengalir untuk menghentikan proses memasak. Tiriskan. Goreng kentang hingga sedikit berkulit (keemasan)..
  5. ♦Telur Pindang : Dalam panci, masukkan semua bahan, campur dan aduk hingga rata. Masak hingga air mendidih, lalu masak dengan api sedang cenderung kecil, tutup panci. Masak hingga air surut dan telur menjadi berwarna coklat kehitaman, sesekali diaduk-aduk ya 👌..
  6. ♦Saus Mayonnaise : Dalam mangkuk, campur dan aduk rata bahan saus mayonaise, cicipi rasanya..
  7. ♦Penyajian : Siapkan piring, tata daun selada, kentang, wortel, buncis, tomat, telur pindang dibelah 2, lalu letakkan daging ditengah, siram dengan kuah dagingnya beserta bumbu, beri saus mayonnaise di pinggir daging..
  8. Selat Solo, Ready to serve 🍴 😋😋.
  9. Kalo aku, menikmati selat solo dengan cara, ambil 1 lbr daun se
    lada, beri seiris daging, seiris telur pindang, pilih sayurannya, jangan lupa saus dan kuahnya😊, terus bungkus atau gulung daun seladanya, masuk mulut deh hihi.. Aduhai rasanya,, masya'allah Yummy banget!! 👍👌😍.

Makan malam merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya tidak dilewatkan. Makan malam juga bisa dimanfaatkan sebagai momen quality time untuk berkumpul bersama keluarga tersayang. Untuk melengkapi keistimewaan momen bersama keluarga ini, sesekali Anda bisa juga merancang menu makan malam yang berbeda dari biasanya. A few of my favorites: Serabi Solo, Nasi Liwet, Selat Solo. Ada berbagai jenis makanan seperti nasi langi, rawon, atau selat Solo yang bakal memanjakan lidah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Selat Solo a la Dewi Dapur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *