Resep: Selat Solo

Posted on

Selat Solo. Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo. Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal.

Sedang mencari inspirasi resep selat solo yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal selat solo yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari selat solo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan selat solo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan selat solo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Selat Solo menggunakan 27 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Selat Solo:

  1. Siapkan 500 gr daging has dalam.
  2. Sediakan 3 bh tomat merah (ukuran sedang), potong2.
  3. Sediakan 2 sdm margarin untuk menumis.
  4. Sediakan 4 sdm kecap manis.
  5. Sediakan 1/2 sdt kaldu bubuk.
  6. Gunakan Bumbu Marinasi:.
  7. Siapkan 8 btr bawang merah.
  8. Ambil 4 siung bawang putih.
  9. Siapkan 1 sdt lada butiran.
  10. Gunakan 1/2 sdt pala bubuk.
  11. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  12. Sediakan 1 sdt garam.
  13. Siapkan 2 sdm kecap manis.
  14. Gunakan Telur Pindang:.
  15. Sediakan 4 btr telur, rebus.
  16. Siapkan 4 btr bawang merah.
  17. Sediakan 2 siung bawang putih.
  18. Ambil 1/2 sdt garam.
  19. Gunakan 1 sdm gula pasir.
  20. Ambil 3 sdm kecap manis.
  21. Sediakan 3 lbr daun salam.
  22. Gunakan Sepotong lengkuas, geprek.
  23. Siapkan secukupnya Air.
  24. Ambil Bahan Pelengkap:.
  25. Sediakan Daun selada.
  26. Ambil Wortel, potong memanjang.
  27. Sediakan potong panjang Buncis,.

A portion of selat solo contains a variety of vegetables. There are beans, carrots, potatoes, tomatoes, cucumbers, and lettuce leaves. Selat, a localization of 'salad', is considered healthy due to the veggies, though it also contains animal products such as beef and boiled eggs. Selat Solo is a delicious steak with Javanese and Dutch flair.

Cara menyiapkan Selat Solo:

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Potong2 daging tdk terlalu tebal, melawan serat. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada butiran, dan garam. Masukkan bumbu halus ke potongan daging, tambahkan pala bubuk, gula pasir, dan kecap manis. Remas2 dgn tangan, sisihkan, biarkan kurang lebih 1 jam..
  3. Sekarang bikin telur pindangnya. Iris halus bawang merah dan bawang putih. Telur rebus dikupas, taruh dlm panci kecil, beri daun salam, lengkuas, masukkan bawang merah dan bawang putih yg diiris tadi, garam, gula pasir, air secukupnya (smp telur terendam), dan kecap manis. Masak smp kuah menyusut dan telur kecoklatan..
  4. Panaskan margarin dlm wajan, tumis daging yg telah dimarinasi tadi smp daging berubah warna. Beri air panas. Tambahkan potongan tomat merah, kecap manis, dan kaldu bubuk. Tutup wajan, masak smp daging empuk. Koreksi rasanya. Masak smp daging empuk, tdk terlalu lama krn ini pake daging has dalam dan kuah masih ada (tdk asat)..
  5. Sementara menunggu daging empuk, rebus wortel dan buncis dlm air mendidih. Air rebusan beri sedikit garam. Rebus sekitar 2 menit. Setelah wortel/buncis empuk, masukkan ke air dingin/air es spy warnanya cantik (lupa gak kefoto). Potong2 kentang, goreng smp matang..
  6. Siapkan semua pelengkapnya. Tata dlm piring, siram sisa kuah dagingnya. Mestinya dilengkapi campuran mayonaise dan mustard…tp aku tdk punya mustard…gini aja udah enak..

It is a popular dish in Solo , with a long history there, originating from the Dutch colonial era. You should really try this Javanese beef steak if you visit Solo. Selat Solo ini sudah pernah saya posting resepnya dulu kala, namun kini saya recook ulang karena ini adalah salah satu masakan yang favorit. Rasanya yang nano-nano, manis, asam, asin, gurih, berpadu dengan indahnya dalam sebuah piring. Selat Solo walau menjadi masakan tradisional daerah Solo namun sebenarnya merupakan kuliner yang mendapatkan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan selat solo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.