Resep iwak karing ( ikan asin) betanak yang Enak Banget

Posted on

iwak karing ( ikan asin) betanak. Lihat juga resep Iwak karing betanak (ikan asin betanak) enak lainnya. Iwak karing betanak atau bahasa indonesianya ikan asin dimasak pake santen kelapa. Aku bingung ini kalo Indonesianya gimana ya soalnya rada mirip sama semur soalnya pake santen tapi isinya ikan asin bukan daging dan bumbunya juga beda hehe.

Tapi kali ini aku buat primadona nya kalau ikan telang/tenggiri asin di buat masak asam,,. Iwak karing batanak merupakan salah satu masakan khas Banjar, Kalimantan Selatan yang terkenal lezat dan mudah dibuat. Menggunakan ikan asin yang berdaging tebal, iwak karing batanak menjadi menu rumahan yang menggiurkan lidah.

Sedang mencari ide resep iwak karing ( ikan asin) betanak yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal iwak karing ( ikan asin) betanak yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari iwak karing ( ikan asin) betanak, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan iwak karing ( ikan asin) betanak yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Iwak karing betanak (ikan asin betanak) enak lainnya. Iwak karing betanak atau bahasa indonesianya ikan asin dimasak pake santen kelapa. Aku bingung ini kalo Indonesianya gimana ya soalnya rada mirip sama semur soalnya pake santen tapi isinya ikan asin bukan daging dan bumbunya juga beda hehe.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah iwak karing ( ikan asin) betanak yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan iwak karing ( ikan asin) betanak menggunakan 15 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan iwak karing ( ikan asin) betanak:

  1. Gunakan 100 gram iwak karing tengiri/ gabus/ tauman.
  2. Sediakan 1 buah cabe merah besar.
  3. Ambil 6 buah terong kecil.
  4. Gunakan 400 ml air.
  5. Siapkan 1 butir telur.
  6. Gunakan 40 ml santan instan.
  7. Gunakan bumbu halus:.
  8. Ambil 2 siung bawang putih.
  9. Siapkan 3 siung bawang merah.
  10. Ambil 3 cm kunyit.
  11. Siapkan 2 cm laos (geprek).
  12. Siapkan 1 buah serai (geprek).
  13. Gunakan 3 buah kemiri.
  14. Sediakan secukupnya garam & lada.
  15. Gunakan secukupnya air asam jawa (bisa d ganti tomat/ belimbing wuluh yg d potong2).

Dengan kuah santan dan campuran berbagai bumbu rempah bercampur gurihnya ikan asin, iwak karing batanak menjadi hidangan yang kaya rasa. Iwak Karing Batanak Khas Banjar Kalimantan Selatan Iwak Karing Batanak adalah Ikan Asin yang dimasak dengan santan khas Banjar Kalimantan Selatan. Cita rasanya asam manis asin gurih.

Cara membuat iwak karing ( ikan asin) betanak:

  1. potong2 sesuai selera ikan asin & terong kemudian cuci bersih.
  2. rebus ikan asin & terong sampai air mendidih, kemudian masukkan bumbu halus, cabe merah & santan instan. aduk2 beri garam, lada & kaldu ayam bubuk sambil d icip2 agar rasanya pas..
  3. setelah semua tercampur rata masukkan telur. jangan di aduk2 agar telur tidak hancur. masak sampai telur matang. iwak karing betanak siap disajikan..

Iwak karing batanak adalah sajian khas Banjar, Kalimantan Selatan. Masakan ini memiliki bahan utama ikan asin yang punya daging tebal dan diolah bersama kuah santan. Rasanya pasti akan sangat gurih dan pastinya buat Anda ketagihan. Jika biasanya ikan asin disantap kering, menu ini menghadirkan ikan asin yang diberi kuah. Asam Manis Ikan Asin Tengiri khas Banjar Kalimantan Selatan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat iwak karing ( ikan asin) betanak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *