Resep Selat Solo

Posted on

Selat Solo. Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo. Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal.

Anda sedang mencari inspirasi resep selat solo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal selat solo yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari selat solo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan selat solo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat selat solo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Selat Solo memakai 14 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Selat Solo:

  1. Sediakan 1/2 kg Daging sapi. Saya pake bagian kisi / sengkel, yang cenderung empuk dan kenyal.
  2. Sediakan Telur direbus, sesuaikan jumlahnya.
  3. Siapkan Buncis. Saya pake baby buncis.
  4. Siapkan Wortel.
  5. Ambil Timun.
  6. Ambil Tomat.
  7. Sediakan Daun selada (kali ini saya tdk menggunakan).
  8. Siapkan Saus Mayonese (kali ini saya tdk menggunakan).
  9. Sediakan Bumbu :.
  10. Sediakan 5 Bawang putih.
  11. Siapkan 1 Btr Tomat dipotong.
  12. Sediakan 1 sdt Merica Bubuk.
  13. Sediakan 2-3 Sdm Kecap manis.
  14. Gunakan 1 Sdm Saus Tiram.

A portion of selat solo contains a variety of vegetables. There are beans, carrots, potatoes, tomatoes, cucumbers, and lettuce leaves. Selat, a localization of 'salad', is considered healthy due to the veggies, though it also contains animal products such as beef and boiled eggs. Selat Solo is a delicious steak with Javanese and Dutch flair.

Cara menyiapkan Selat Solo:

  1. Potong daging sapi sesuai selera. Menjadi beberapa lembaran agak tebal. Rebus dalam +/- 2 ltr air yang telah ditambahkan garam sampai mendidih..
  2. Sementara itu geprek bawang putih dan tomat yang telah dipotong, kemudian masukan kedalam kuah daging yang sudah mendidih. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam dan gula sesuai selera. Rebus hingga daging empuk dan kecoklatan..
  3. Sementara itu potong sayuran buncis, wortel, mentimun dan kentang memanjang sesuai selera. Buncis dan wortel kemudia direbus, sementara kentang digoreng. Untuk tomat iris bulat tipis seperti biasa. Daun selada cukup dipotong cantik..
  4. Setelah kuah matang dan daging empuk, serta sayuran sudah siap kemudia sajikan dalam piring. Untuk memberikan rasa sedikit asam bisa ditambahkan saus mayonese. (Dalam foto ini saya tidak menggunakan mayonese dan selada)..

It is a popular dish in Solo , with a long history there, originating from the Dutch colonial era. You should really try this Javanese beef steak if you visit Solo. Selat Solo ini sudah pernah saya posting resepnya dulu kala, namun kini saya recook ulang karena ini adalah salah satu masakan yang favorit. Rasanya yang nano-nano, manis, asam, asin, gurih, berpadu dengan indahnya dalam sebuah piring. Selat Solo walau menjadi masakan tradisional daerah Solo namun sebenarnya merupakan kuliner yang mendapatkan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Selat Solo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *