Resep: Selat solo ala kecap bangau

Posted on

Selat solo ala kecap bangau. Resep Selat solo ala kecap bangau. Pengen makan selat solo teringat masa lalu saat masih kuliah pernah makan selat solo di salah satu restoran ternama yg rasanya selalu terkenang di memory. Akhirnya langsung eksekusi aja. tp aku.

Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo. Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal.

Anda sedang mencari inspirasi resep selat solo ala kecap bangau yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal selat solo ala kecap bangau yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Selat solo ala kecap bangau. Pengen makan selat solo teringat masa lalu saat masih kuliah pernah makan selat solo di salah satu restoran ternama yg rasanya selalu terkenang di memory. Akhirnya langsung eksekusi aja. tp aku.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari selat solo ala kecap bangau, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan selat solo ala kecap bangau yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan selat solo ala kecap bangau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Selat solo ala kecap bangau menggunakan 34 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Selat solo ala kecap bangau:

  1. Sediakan 500 gr daging, potong tebal 1 cm agak lebar, tusuk2 garpu.
  2. Sediakan 3 sdt kecap inggris.
  3. Sediakan 1 sdm kecap manis.
  4. Siapkan 1 buah tomat, potong potong.
  5. Gunakan 5 siung bawang merah, iris tipis.
  6. Siapkan 1/4 sdt pala bubuk.
  7. Siapkan 1/4 sdt merica bubuk.
  8. Siapkan 1/2 sdt garam.
  9. Ambil 1000 cc air.
  10. Siapkan 3 sdm margarin.
  11. Ambil 👉 Bumbu perendam 👈.
  12. Ambil 1/2 sdt pala bubuk.
  13. Siapkan 1,5 sdt garam.
  14. Gunakan 2 sdm kecap manis.
  15. Gunakan 👉 bahan saus 👈 (aku gak pake).
  16. Ambil 3 kuning telur rebus, haluskan.
  17. Siapkan 1/4 sdt garam.
  18. Ambil 1/2 sdt cuka.
  19. Ambil 4 sdt gula pasir.
  20. Gunakan 1/8 sdt merica bubuk.
  21. Ambil 1/4 sdt mustard.
  22. Gunakan 👉 bahan acar 👈 (aku gak pake).
  23. Ambil 1 kuning telur rebus, haluskan.
  24. Sediakan 50 gr ketimun, buang biji, potong dadu.
  25. Siapkan 50 gr wortel, potong dadu.
  26. Siapkan 2 siung bawang merah, potong dadu.
  27. Gunakan 1/4 sdt garam.
  28. Ambil 1 sdt cuka.
  29. Ambil 1 sdm gula pasir.
  30. Gunakan 👉 pelengkap 👈.
  31. Ambil 50 gr buncis, potong 3 cm, rebus.
  32. Gunakan 75 gr wortel, potong 3 cm, rebus.
  33. Ambil 200 gr kentang potong2, rebus, goreng sebentar.
  34. Gunakan 3 butir telur rebus, kupas.

Tumis bawang merah hingga harum lalu masukkan tomat. Masukkan daging biarkan hingga berubah warna. Tambahkan Kecap Manis Bango, kecap Inggris, pala bubuk, merica, dan garam. Terutama yang khas seperti selat Solo.

Langkah-langkah menyiapkan Selat solo ala kecap bangau:

  1. Lumuri daging dengan bumbu perendam, diamkan 1 jam dalam lemari es. Panaskan margarin, tumis bawang merah hingga harum lalu masukkan tomat. Aduk sampai layu. Tuangkan air. Biarkan mendidih..
  2. Masukkan daging. Biarkan berubah warna..
  3. Tambahkan kecap manis, kecap inggris, pala bubuk, merica dan garam. Masukkan telur rebus. Biarkan daging matang..
  4. Sajikan bersama pelengkap. Untuk acar dan saus tinggal campurkan semua bahan (aku gak suka, makanya gak bikin).

Berbeda dengan hidangan di empat tempat sebelumnya, Omah Selat sengaja menyuguhkan menu yang rasanya lebih Eropa tapi tidak meninggalkan sentuhan ala Jawa. Masukkan potongan daging, Kecap Manis Bango, kecap inggris, dan pala bubuk. Rebus sampai matang dan bumbu meresap. Saus, aduk rata telur, garam,merica bubuk, gula pasir, cuka, dan mustard. Sajikan selat solo dengan acar, saus, dan pelengkapnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat selat solo ala kecap bangau yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.