Langkah Mudah Memasak Tumpeng mini nasi uduk

Posted on

Coba resep tumpeng mini nasi uduk sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan tumpeng mini nasi uduk untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Pada umumnya orang malas mulai memasak tumpeng mini nasi uduk karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tumpeng mini nasi uduk! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Tdnya mager banget ikutan #GoDa_TuminitapiMaksi krn mmg lg cape banget badannya. Tp gegara mbaifa sm teh nia bayens nih propokator jd kepikiran mau buat apa 😄 Krn biasa makan nasi merah dirmh, so.dipake aj deh dicampur sm nasi putih. Dirgahayu bwt kompad semoga makin mengudara di dunia jagat raya permasakan 😅, makin solid, semoga makin.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat menghidangkan tumpeng mini nasi uduk hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin tumpeng mini nasi uduk yuk!

Untuk membuat Tumpeng mini nasi uduk, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 L of nasi.
  2. Siapkan 5 batang of sereh keparak.
  3. Siapkan 4 lembar of daun salam.
  4. Diperlukan 3 lembar of daun jeruk.
  5. Gunakan 65 ml of Santan instan.
  6. Siapkan Secukup of nya air.
  7. Ambil of Bumbu halus :.
  8. Dibutuhkan 5 siung of bawang putih.
  9. Siapkan 3 siung of bawang merah.
  10. Sediakan 1 ruas of jahe.
  11. Ambil 3 ruas of kunyit.
  12. Sediakan Secukup of nya garam dan kaldu bubuk.
  13. Gunakan of Bahan pelengkap :.
  14. Diperlukan of Tempe orek, kentang balado, ayam goreng, telur dadar.
  15. Ambil of Lalap dan sambal.

Biasanya nasi tumpeng mini disajikan dalam kotak atau wadah mika bulat sehingga terlihat menggemaskan. Gunakan beras pulen sebagai bahan utama nasi kuning agar nasi lebih mudah dicetak dan tetap kokoh saat dikeluarkan dari dalam cetakan. Selain menggunakan beras pulen, ada juga variasi nasi tumpeng berbahan perpaduan beras putih dan beras ketan. NASI TUMPENG MINI MENU UNIK UNTUK ACARA ANDA.

Proses menyiapkan Tumpeng mini nasi uduk:

  1. Cuci bersih beras sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukan daun salam, sereh dan daun jeruk aduk rata hingga bumbu matang.
  4. Masukan santan dan secukup nya air. Klo aq 200 ml (santan 65ml + air) aduk rata tunggu hingga mendidih tambah kan garam dan kaldu bubuk aduk rata kembali.
  5. Masukan ke beras yg sudah di cuci bersih aduk rata.
  6. Lalu masukan ke wadah magicom tambahkan air sesuai takaran yg biasa kalo bikin nasi. Aq pake air panas karena aq tambahkan garam dan kaldu bubuk lagi sampai dapet rasa yg pas aduk2 rata.. lalu buat nasi seperti biasa tunggu ampe matang. Aq 2x cook yah. Cook pertama aduk rata dan masih ada air nya, pas cook ke 2.. sudah matang. sajikan dengan pelengkap lain nya.

Sajian unik pada sebuah acara adalah nilai lebih dalam kemeriahan acara, oleh karena itu Tumpeng Mini sangat cocok sebagai menu sajian di acara yang diadakan, memeriahkan acara anda dengan tampilan da rasanya yang pastinya lezat. Nah, awalnya nasi yang digunakan adalah nasi putih tawar yang memiliki filosofi bahwa segala sesuatu yang kita makan harus berasal dari sumber yang halal dan bersih. Tapi sekarang nasi yang digunakan untuk tumpeng lebih bervariasi. Seperti nasi kuning, sampai nasi uduk berbumbu yang tentunya memiliki rasa yang jauh lebih gurih. Nasi tumpeng merupakan salah satu sajian khas masyarakat Indonesia khususnya tradisi Jawa yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Mudah bukan membuat tumpeng mini nasi uduk? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *