Resep Nasi Uduk (Asli Betawi)

Posted on

Bosen sama hidangan yang itu-itu aja? Mari coba resep nasi uduk (asli betawi) ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan nasi uduk (asli betawi)! Makanan spesial untuk hari ini. Selamat mencoba resepnya!

Banyak orang sudah minder duluan nasi uduk (asli betawi) karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari nasi uduk (asli betawi)! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Lagi dan lagi resep ini dari mama ku yang katanya dulu dikasih oleh kawannya yang asli orang betawi. Kalo mama saya bikin versinya di masak ngaru di wajan setelah itu masuk kukusan di dandang tapi saya maleeess bingit ngerjainnya cari praktisnya saja. Bisnis.com, JAKARTA — Nasi uduk Betawi adalah masakan khas ibukota DKI Jakarta yang banyak ditemukan di pinggir jalan dari para pedagang kaki lima.

Kalian dapat membuat nasi uduk (asli betawi) hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep nasi uduk (asli betawi)!

Untuk membuat Nasi Uduk (Asli Betawi), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 4 mug of Beras premium.
  2. Diperlukan 1 saccet of Santan yg isi 65ml.
  3. Sediakan 1 batang of Sereh – geprek lalu ikat simpul.
  4. Siapkan 1 ruas of Kencur – geprek.
  5. Diperlukan 3 lmbr of Daun Pandan – sobek2 lalu ikat simpul.
  6. Ambil 3 lmbr of Daun Salam.
  7. Sediakan 1 saccet of Masako rasa dg.sapi.
  8. Gunakan secukupnya of Garam.

Makanan ini tersebar merata hampir di seluruh DKI Jakarta. Berbeda dengan nasi putih biasa, tekstur nasi uduk tidak lengket dan rasanya pun tidak benyek. Aromanya pun punya ciri khas tersendiri dan sangat harum. Ini karena nasi uduk dimasak setengah matang (diaron) dulu dengan santan dan berbagai bumbu lain seperti daun jeruk, lengkuas, serai, dan daun salam.

Cara memasak Nasi Uduk (Asli Betawi):

  1. Cuci bersih beras lalu masukkan santan saccet dan air masak secukupnya, ukur air seperti kita masak nasi biasanya lalu aduk rata dan nyalakan api kompor. Masukkan bahan bumbu seperti sereh, daun salam, daun pandan, kencur. Aduk rata lalu tambahkan masako dan garam test rasanya (jangan takut keasinan biasanya kalo dah matang yg td kita rasa cukup asin pas masih beras blm nyerap air trnyata dah jd nasi jd kurang gurih). Aduk sesekali ya moms..
  2. Setelah mulai mendidih jgn ditinggal aduk sesekali dgn api sedang ya moms kali sudah mulai meletup-letup matikan api kompor lalu angkat dan isi ke magic com atau rice cooker, nyalakan tombol masak dan tunggu sampai tombol jd hijau alias sdh matang selesai masak jangan langsung buka loh nunggu 5 menit baru buka ya..
  3. Dah matang dibuka gitu wangiiii nasi uduknya…hmm…yummy rasa gurih and wangi jd makin lahap makannya dengan bawang goreng, lauk sambal dan tempe tepung aja dah mantep apalagi menu lengkap seperti Ayam bumbu bali/Ayam goreng ungkep, oreg tempe, telur dadar, sambal goreng kentang buncis, mie goreng dan sambal khusus nasi uduk…maknyooos 😋😋👍🏻👍🏻😄😄.

Sedang ngidam sarapan nasi uduk khas Betawi dengan semur dan sambal kacang yang enak. Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Betawi yang menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta. Nasi uduk dibuat dari beras yang diaron terlebih dahulu dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang. Rahasia resep nasi uduk betawi termasuk dalam resep masakan tradisional indonesia. Resep nasi uduk betawi paling enak dan komplit.

Selamat mencoba resep nasi uduk (asli betawi)! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *