Aneka Resep: Selat solo pakai bakso

Posted on

Selat solo pakai bakso. GEgara lihat postingan temen makan selat solo, jadi kangen makanan itu. Lihat juga resep Selat solo pakai bakso enak lainnya. Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia.

Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo.

Sedang mencari inspirasi resep selat solo pakai bakso yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal selat solo pakai bakso yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

GEgara lihat postingan temen makan selat solo, jadi kangen makanan itu. Lihat juga resep Selat solo pakai bakso enak lainnya. Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari selat solo pakai bakso, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan selat solo pakai bakso yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah selat solo pakai bakso yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Selat solo pakai bakso memakai 13 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Selat solo pakai bakso:

  1. Gunakan sesuai selera bahan di rebus: bakso.
  2. Siapkan 2 buah wortel.
  3. Ambil segenggam buncis.
  4. Sediakan 2 buah kentang.
  5. Ambil 5 siung baput di tumbuk halus.
  6. Siapkan 3 siung bawang merah di iris tipis.
  7. Siapkan 1/2 bawang bombay diiris tipis.
  8. Ambil 1 sdt pala.
  9. Ambil 3/4 gula jawa.
  10. Siapkan sesuai selera gula garam.
  11. Sediakan 1 sdt cuka atau tomat iris halus.
  12. Ambil larutan maizena.
  13. Sediakan (1 sdm maizena dicampur air sedikit).

Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal. Lihat stock sayuran di kulkas, kepikiran bikin Selat Solo. Karena bikin galantin malas, aku pakai Bakso Ikan yg ada di kulkas.

Cara membuat Selat solo pakai bakso:

  1. Rebus bakso, wortel, buncis, dan kentang. Atau dikukus juga bisa.
  2. Tumis baput, bamer, dan babom. Setelah harum masukkan air kaldu..
  3. Tunggu mendidih, masukkan gula jawa, gula pasir, garam, pala. Tes rasa.
  4. Setelah itu masukkan cuka. Apabila kuah dirasa keenceran tambahkan larutan maizena (maizena di encerkan dengan air lalu masukkan ke kuah).
  5. Campurkan dan taburi bawang goreng 😊😊😊.

Lihat juga resep Selat Galantin (Selat Solo) sederhana enak lainnya. Cara menyajikan selat Solo: Anda siapkan piring saji berupa piring ceper kemudian beri dua lembar daun selada. Tata daging, buncis, wortel, dan irisan telur. Beri kuah daging dan juga siram dengan saus mayones. Membuat selat Solo ternyata tidak sulit.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan selat solo pakai bakso yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.